Nadya Paradilla - IX.G

Nadya Paradilla - IX.G

Jumat, 11 Februari 2011

Fungsi fungsi menu bar pada Microsoft Word

 1.Menu File, Sub Menu File

• New  :  Membuka dockument baru yang masih kosong
• Open :   Membuka file dokumen yang telah disimpan
• Close :   Mrenutup dokumen
• Save  :   Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
• Save As  :  Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
• Save as Web page : Menyimpan dalam format file web page
• Seacrh :  Mencari teks tertentu dari suatu file
• Versions  :  Untuk mengetahui versi Ms. Word
• Web page Preview  : Melihat tampilan dokumen dalam format web page
• Page setup :  Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
• Print Preview  : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
• Print   :  Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
• Send to  :  Mengirim dokumen melalui e-mail
• Propertise  : Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen
• Exit    :  menutup program Ms. word

2. Menu Edit, Sub Menu Edit

• Undo :  Membatalkan perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
• Repeat atau Redo : Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
• Cut    :  Menghapus/memindahkan teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Copy  Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Office Clipboard :  Membuka isi clipboard
• Paste  : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
• Paste Spesial :Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada                                 dengan format yang berbeda
• Paste Hyperlink  : Menempatkan teks sebagai hyperlink
• Clear   :  Menghapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments),   isi data (contents) yang ada pada lembar kerja
• Select All  :  Untuk memblok semua isi dokumen
• Find    :  Mencari kata dari dokumen yang sedang aktif
• Replace  : Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari dokumen yang sedang aktif
• Go To  :  Menuju ke halaman
• Links    :  Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif
• Object  :  Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word

3. Menu View, Sub Menu View

• Normal          :   Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
• Web layout    :   Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
• Print layout     :  Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
• Outline           :   Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
• Task Pane      :   Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
• Toolbars        :   Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
• Ruler              :           Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
• Show Paragraph Marks :  Untuk menampilkan simbol paragraph
• Gridlines        :           Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
• Documents Map  :  Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
• Header Footer     :   Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
• Footnotes      : Melihat catatan hasil footnote
• Mark up        :  Menampilkan toollbar markup
• Full Screen     :   Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
• Zoom             :  Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar

4. Menu Insert, Sub Menu Insert

• Break            : Menentukan jenis perpindahan halaman
• Page Number  :   Memberi nomor halaman
• Date and time   :    Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
• Autotext         :  Menyisipkan kata
• Field            :    Menyisipkan field
• Symbol          :  Menyisipkan symbol ke dalam teks
• Comment       :  Menyisipkan komentar
• Reference      :   Menyisipkan footnote, caption, cross reference
• Web Component    :   Menyisipkan komponen dari web
• Picture           :    Menyisipkan gambar
• Diagram         :   Menyisipkan diagram
• Text Box          Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak tertentu kedalam                     dokumen aktif
• File    : Menampilkan toollbar markup
• Object           : Menyisipkan objeck kedalam dokumen
• Bookmark     :  Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke dalam                      dokumen
• Hyperlink       : Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML) (Ctrl+K)

5. Menu Format, Sub Menu Format

Font     :           Memilih jenis, gaya, ukuran, dan efek hurufyang diinginkan -
Paragraph         :           Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dolumen aktif -
Bullets and Numbering : menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih -
Borders and Shading    :           Memberikan bingkai dan arsiran -
Columns           :           Membuat dokumen menjadi beberapa kolom -
Tabs     :           Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen -
Drop Cap         :           Memformat teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal paragraph -
Text Direction   :           Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik -
Change Case    :           Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya -
Fit Text            :           Mengatur jarak atara huruf dalam kalimat -
Background      :           Memberi warna latar belakang pada dokumen -
Theme :           Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web -
Frames             :           membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan                      menempatkannya sebelah kiri frame -
Autoformat       :           Mengubah format yang disediakan Word menjadi format dokumen baru -
Style and Formating      :           Mengubah style dan format -
Reveal Formating          :           Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi untuk                                    menentukan format suatu teks -
Object :           Memformat suatu objek -

6. Menu Tools, Sub Menu Tools

- Spelling and Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau
paragraf dalam sebuah dokumen
- Language       :           menjalankan fasilitas penerjemah bahasa -
- Word Count :           Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata,  karaktek, paragraf,                 dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif
- Autosummarize          :           Memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen –                      aktif
- Speech          :           Mengubah pembicaraan melalui mokrofon menjadi teks, atau sebaliknya -
- Track Changes           :           Menandai teks yang baru diubah sisinya -
- Compare and Merge Documents : Membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif                                      dokumen lainnya -
- Protect Document      :           Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen -
- Online Collaboration :           mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet -
- Letters and Mailings   :           Memuat surat melalui fasilitas wizard -
- Macro           :           Membuat dan menghapus macro sendiri -
- Template and add-ins             :           Mengatur tampilan template -
- AutoCorrect Options             :           Memperbaiki teks secara otomatis -
- Customize      :           Menata toolbar, menambahkan perintah bari, membuat menu da toolbar                        sesuai keinginan -
- Options          :           Membantu nebggybajab sevekas tabulasi yaitu View, Edit,  Print, Save,             User,Information, Compability, File Locations, Security, Spelling &  Grammar, dan Track Changes.

7. Menu Table, Sub Menu Table

Draw Table    :           Menampilkan toolbar Tables dan Borders untuk membuat gambar tabel -
- Insert             :           Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
- Delete            :           Menghapus tabel, baris, sel, dan kolom
- Select            :           Menandai tabel, baris, sel, dan kolom
- Merge Cells   :           Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
- Split Cells      :           Memecah sel menjadi beberapa sel
- Split Table     :           Memecah tabel menjadi beberapa tabel
- Table AutoFormat      :           Memformat tabel dengan format yang telah disediakan Ms. Word
- AutoFit          :           Menentukan penyesuaian judul, Windows, kolom secara otomatis
- Heading Rows Repeat : Mengulang baris judul
- Convert         :           Mengkonversi teks menjadi tabel, atau sebaliknya
- Sort   :           Mengurutkan data atau teks
- Formula         :           Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
- Hide Gridlines            :           Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada tabel
- Table Propertise         :           Menampilkan kitak dialog Table Propertise

8. Menu Window, Sub Menu Window

- New Window            :           Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
- Arrange All    :           Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat                     seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
- Split   :           membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang                   berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan

9. Menu Help, Sub Menu Help

- Microsoft Word Help                         :  Menampilkan menu help Word -
- Show the Office Assistant       :  Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant
- Office on the Web                              :  Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi                              Ms. Office melalaui internet
- Activate Product                                :  Mendeteksi aktivasi Word
- Detect and Repair                              :  Mendeteksi dan memperbaiki program word
- About Microsoft Word                      :  Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang digunakan                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar